Brilliant Legacy/Shining Inheritance (Synop. & trailer)


TIGA drama Korea paling fenomenal tahun 2009 tayang di Indosiar berturut-turut. Setelah Boys Before Flowers (BBF) dan Queen Seon Deok yang bikin heboh, kini tayang Brilliant Legacy, menggantikan tayangan BBF setiap Senin-Jumat jam 15.30 WIB.
BRILLIANT Legacy atau Shining Inheritance menjadi salah satu drama paling fenomenal saat ditayangkan di Korea sejak April tahun lalu di stasiun TV SBS. Selain kekuatan pesan moral dan unsur real dalam drama, keberadaan tokoh-tokoh dewasa yang memegang peran penting menjadi perbedaan lain drama 28 episode ini. Kalau melihat grafik perolehan ratingnya yang terus meningkat, Brilliant Legacy (BL) diyakini sebagai tontonan yang makin lama makin menarik perhatian penonton. Episode pertama serial ini memperoleh rating 17 persen saja. Namun tiap episode menunjukan peningkatan, hingga pada episode penutupan ratingnya mencapai 47 persen.
Sementara di Indonesia, perolehan rating di minggu pertama penayangan BL di Indosiar mencatat angka 1,5 persen dengan share 12,7 persen. Angka ini tentu diharapkan terus meningkat. Di drama ini, seorang nenek tua punya kekuatan dan peran besar dalam menentukan nasib tokoh-tokoh yang lain, karena kemampuan ekonominya. Bagi penonton paruh baya, keberadaan tokoh seperti ini menarik. Penonton pria biasanya paling malas bersentuhan dengan drama Korea yang imejnya menye-menye(halaaaaagh) atau cewek banget. Tapi BL yang kisahnya universal bisa menjadi tontonan menarik pula bagi kaum adam yang jumlahnya tak sedikit.(Tabloid Bintang Indonesia Edisi 977 | Tahun XIX | Minggu Pertama Februari 2010 seperti dilaporkan Rizki Adi Abeba [Edisi Online: Selasa, 2 Februari 2010])

Apa yang membuat drama yang digarap sutradara Jin Hyuk ini begitu fenomenal?? rupanya bukan properti mewah dan bujet besar, bukan pula aktor-aktor papan atas berhonor puluhan juta won. Duo Lee Sung Gi dan Han Hyo Joo pun bukan duo aktor dan aktris yang ditunggu-tunggu, namun terbukti berhasil menciptakan chemistry klop. Serial ini digarap sebagai drama Korea pada umumnya. Tipikal kisah Cinderella dengan kisah cinta yang mudah ditebak. Ada pertentangan antara si miskin dan si kaya, cinta segi empat, dan perebutan harta.
Tapi harus diakui, di luar duet Lee Seung Gi dan Han Hyo Joo yang cukup menggemaskan — banyak yang bilang di episode awal Lee Seung Gi mirip Rain dan Han Hyo Joo mirip Song Hye Kyo di Full House, serial produksi SBS TV ini memiliki kekuatan dahsyat dalam menyampaikan pesan moral.

Melalui tokoh Nenek Jang, penulis skenario Soo Hyun Kyung membuat teori masuk akal: orang yang hanya menggunakan akal licik dalam mendapatkan harta tak akan mendapat kekayaan sejati. Sesungguhnya harta dan cinta sejati akan diperoleh mereka yang mau bekerja keras dan tulus dalam bertindak.
Di serial ini, tokoh Woo Hwan yang merupakan cucu pengusaha kaya-raya diwajibkan bekerja dari bawah menjadi pelayan, dengan uang saku 10 ribu won setiap hari, tanpa kartu kredit dan kendaraan mewah. Jika tak mau bekerja, jangan harap boleh hidup di rumah mewah dan fasilitas enak.
“Brilliant Legacy membuktikan, drama dengan pesan moral di dalamnya akan memenangkan hati dan pikiran publik,” ulas Jeong Deok Hyeon, seorang pengamat budaya pop Korea.
“Brilliant Legacy memiliki konflik dramatis di antara karakter-karakternya, yang memang harus ada dalam sebuah drama. Dan ada pula plot menarik dan menyentuh dengan topik universal seperti cinta dan keluarga. Di sini ada kisah romantis yang manis di antara pemuda-pemudi cakep, yang menjadi bonus untuk penonton. Mengingat faktor ini, saya pikir drama ini memiliki daya tarik untuk penonton pria dan wanita dari segala usia,” tambahnya.
Aktor-Aktris Senior Pendukung Brilliant Legacy
Kim Mi Sook (Baek Sung Hee, ibu Tiri Eun Seong yang gila harta)
Baek Seung Hee adalah ibu kandung Seung Mi yang juga ibu tiri Eun Seong. Sebelum sang ayah meninggal, Eun Seong mengira Seung Hee benar-benar mencintai keluarganya. Karakter asli Sung Hee terkuak saat ayah Eun Seong meninggal dalam kondisi bangkrut dan meninggalkan banyak utang. Selain tega membuang kedua anak tirinya, Eun Seong dan Eun Woo, Sung Hee juga membohongi putri kandungnya, Seung Mi. Karakter Seung Hee yang jahat ini merupakan penampilan baru bagi aktris senior Kim Mi Sook (51). Sejak memulai debut pada 1998 lewat sejumlah serial seperti Love, Golden Bride, Lobbyist, dan I Love You Don’t Cry, ini pertama kalinya ia memerankan tokoh antagonis. Kim berhasil melakoni karakter jahat dengan elegan, dengan kalimatnya yang paling menusuk: “Aku membutuhkanmu untuk membayar tagihan utang. Aku tak peduli apa yang akan terjadi padamu meski kau mengeluarkan jantungmu dari dalam tubuhmu!” Tak bisa dipungkiri, kehadiran Kim Mi Sook di serial ini menjadi bumbu tersendiri. Ibaratnya, tokoh Seung Hee ini adalah tokoh yang bikin orang benci tapi rindu!
Ban Hyo Jeong (Jang Sook Ja/Direktur Jang, nenek pekerja keras dan bijaksana)
Di tengah muda-mudi, aktris senior Ban Hyo Jeong mencuri perhatian. Aktingnya sebagai Nenek Jang atau biasa disapa Direktur Jang menjadi penting. Karena warisan yang jadi judul dan inti cerita kisah ini merupakan miliknya. Keputusannya menyerahkan warisan kepada Eun Seong mendapat tentangan, terutama cucu dan menantunya. Namun ia tak mengubah pendiriannya. Sebaliknya, Nenek Jang makin membuat cucu dan menantunya bertekuk lutut dengan semua aturannya. Ia sama sekali bukan tokoh antagonis, karena perlakuan pada cucu dan menantu yang dianggap kejam sesungguhnya bertujuan baik, menanamkan kemandirian bagi generasi penerusnya. Ban Hyo Jeong, aktris senior kelahiran 27 November 1942 yang cukup produktif. Sejak memulai debut di serial Roll of Thunder sepuluh tahun silam, tak kurang dari 20 serial dibintanginya. Bukti produktivitas Hyo Jeong yang paling fresh, selama 2009 saja ia membintangi empat judul serial: Empress Chun Chu, The Road Home, Brilliant Legacy, dan Creating Destiny. Wah, yang muda kalah, nih!
Jeon In Taek (Go Pyeong Joong, ayah pecinta keluarga)
Tak heran Eun Seong amat menyayangi sang ayah. Pyeong Joong sosok ayah yang bertanggung jawab dan sayang keluarga. Satu kesalahannya, menikahi Seung Hee yang matre. Tak masalah saat posisinya masih pengusaha kaya-raya. Tapi kebangkrutan usaha menjadi awal petaka bagi keluarganya. Saat ada kesalahan informasi bahwa dirinya dinyatakan meninggal, Pyeong Joong membiarkan kesalahan itu. Tujuannya agar anak dan istrinya bisa melanjutkan hidup dengan mengandalkan uang asuransi kematiannya. Tak apalah dirinya menggelandang. Tapi ia tak bisa tinggal diam saat sang istri menelantarkan kedua anak kandungnya, Eun Seong dan Eun Woo. Peran ayah Eun Seong yang nantinya akan membuka tabir kejahatan Seung Hee ini diperankan Jeon In Taek, aktor kelahiran 18 Juni 1952 yang pernah main di beberapa drama saeguk ngetop seperti Jumong, Dae Jang Geum, dan Return of Iljimae.
Yoo Ji In (Oh Yeong Ran, ibu Woo Hwan yang pemalas)
Sifat pemalas dan suka berhura-hura yang dimiliki Woo Hwan dan adiknya, Woo Jeong, praktis turun dari sang ibu, Yeong Ran. Ia juga orang yang paling keberatan dengan keputusan nenek mewarisi hartanya pada Eun Seong. Yang lebih parah lagi, ia harus bekerja di pabrik dan kehilangan semua akses untuk berhura-hura. Yeong Ran bukan tokoh antagonis. Sifatnya yang pemalas membuatnya iri pada Eun Seong yang dianggapnya merebut harta yang semestinya jatuh ke tangannya. Aktris Yoo Ji In menghayati karakter Yeong Ran dengan wajahnya dan ekspresinya yang lugu dan nada bicara manja. Sebelumnya, aktris kelahiran 27 Januari 1956 ini bermain di serialnya Kwon Sang Woo, Bad Love. Untuk tahun 2010, setidaknya dua serial drama sudah menantinya: Stars Falling From The Sky dan Pink Lipstick.

Cast :
• Lee Seung Gi sebagai Sun Woo Hwan
• Han Hyo Joo sebagai Go Eun Sung
• Bae Soo Bin sebagai Park Jun Se
• Moon Chae Won sebagai Yoo Seung Mi
• Kim Mi Sook sebagai Baek Sung Hee
• Min Young Won sebagai Lee Hye Ri (teman Eun Sung)
• Yun Joon Suk sebagai Go Eun Woo
• Jung Suk Won sebagai Jin Young Suk (teman Hwan)
• Han Ye Won sebagai Sun Woo Jung
• Ban Hyo Jung sebagai Jang Sook Ja
• Yoo Ji In sebagai Oh Young Ran (ibu Hwan & Jung)
• Kim Jae Seung sebagai Lee Hyung Jin
• Son Yeo Eun sebagai Jung In Young
• Choi Jung Woo sebagai Park Tae Soo
• Lee Seung Hyung sebagai Pyo Sung Chul
• Jun In Taek sebagai Go Pyung Joong (ayah Eun Sung)
• Baek Seung Hyun sebagai Manajer Lee Joon Young
• Park Sang Hyun sebagai Park Soo Jae
• Tae Hwang sebagai pelayan

credit to : cafe.daum.net/seungksunheelove
pangeran229@wordpress
Tabloid Bintang Indonesia Edisi 976 | Tahun XIX | Minggu Keempat Januari 2010 seperti dilaporkan Rizki Adi Abeba [Edisi Online: Jumat, 22 Januari 2010

One thought on “Brilliant Legacy/Shining Inheritance (Synop. & trailer)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s